Selasa, 17 November 2009

Kilas Balik 3 Tahun SMKN 1 Bintan


Teknosains : Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Bintan merupakan SMKN pertama di Kabupaten Bintan yang mulai beroperasi sejak tanggal 17 Juli 2006 lalu, sesuai dengan SK Bupati Bintan No. 239/VII/2006.

Sementara itu peresmian digelar hari Kamis 3 Agustus 2006 oleh Bupati Bintan Ansar Ahmad SE MM. ‘’Saya masih ingat peresmiannya hari Kamis,’’kenang Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum Joko Prasetyo S.Pd, Rabu (9/9) lalu.

Jurusan yang dibuka, teknik komputer jaringan (TKJ) dan teknik elektronika industri (TEI) dengan jumlah tenaga pengajar sebanyak 7 orang baik yang masih calon pegawai negeri sipil (CPNS) orang dan guru honor. ‘’Jadi bisa dibayangkan, dengan jumlah guru sebanyak 7 orang kegiatan belajar tetap bisa berjalan kendati gurunya ada yang merangkap mengajar. Satu guru bisa dua atau tiga mata pelajaran,’’tukas Joko Prasetyo.

Jumlah semua siswa perdana sebanyak 42 orang, sebanyak 18 orang siswa jurusan TEI dan sebanyak 24 orang jurusan TKJ. Para lulusan awalnya tidak mau masuk SMKN 1 Bintan, karena dianggap sekolah baru dan informasinya belum diketahui secara mendeteil.

Sedangkan sarana dan prasarana pada saat pembukaan masih sangat minim yang tersedia baru, ruangan lokal dan laboratorium saja. Sementara peralatan praktek, fasilitas listrik dan fasilitas penunjang lain belum ada. ‘’Selama satu semester, praktis hanya belajar teori saja,’’bebernya.

Barulah pada semester kedua berangsur-angsur peralatan berupa komputer dan peralatan elektronika tersedia. Sayangnya belum mencukupi. Ditambah jalan menuju ke sekolah masih becek berhubung belum diaspal. Sudah pasti kalau hujan, jalan licin.

Setahun kemudian tepatnya tahun 2007 lalu, ada penambahan jurusan teknik mekanik otomotif (TMO) dan SMKN 1 Bintan sudah mulai dikenal masyarakat, terutama di wilayah Tanjunguban. Kabar gembiranya sudah ada persaingan untuk bisa masuk menjadi salah seorang siswa/siswi SMKN 1 Bintan.

Tahun 2008, penambahan jurusan terus digalakkan. Buktinya jurusan teknik konstruksi bangunan (TKB) dibuka.

Joko Prasetyo menjelaskan ada pun yang menjadi keunggulan SMKN 1 Bintan diantaranya memiliki kurukulum yang fleksibel sesuai dengan kebutuhan jaman dan kebutuhan pasar. Meningkatkan percaya diri siswa, baik lulus karena sudah terbiasa bekerja, baik melalui praktek kerja industri (Prakerin).

Termasuk tamatannya diminati perusahaan karena sudah memiliki ketrampilan yang memadai. Memberikan pengalaman kerja sehingga lulusan siap untuk membuka lapangan kerja baru atau berwirausaha.(RS)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar