Kamis, 10 Desember 2009

SMKN 1 Bintan Meraih Peringkat Akreditasi A, Bersiap Menjadi Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI)


Teknosainsnews: Kerja keras segenap citivitas SMKN 1 Bintan membuahkan hasil. Sesuai hasil akreditasi diketahui peringkat akreditasi A untuk jurusan Teknik Elektronika Industri (TEI) dan Teknik Komputer Jaringan (TKJ) peringkat B.

Sekolah SMKN 1 Bintan yang berdiri mulai tahun 2006 lalu, terus berusaha meningkatkan kualitasnya. Baru-baru ini yang patut dibanggakan dengan sekolah yang baru memasuki tahun ke-empat mulai melakukan aktivitas belajar mengajar mempersiapkan diri untuk diakreditasi.

Wakil Kepala Sekolah Bidang Akademik Joko Prasetiyo, S.Pd membagi tugas untuk masing-masing guru dan juga karyawan sekolah. Persiapan untuk akreditasi tidak boleh dianggap sepele, karena harus ada pembuktian.

Dua orang tim asesor dari Badan Skreditasi Provinsi Kepri (BAP) datang hari Selasa-Kamis, tanggal 11-13 Agustus 2009 yang lalu melakukan visitasi (kunjungan) untuk klarifikasi data Instrumen Evaluasi Diri (IED) yang diisi pihak sekolah (SMKN 1 Bintan, red) dengan kondisi aktual. Ada pun penilaian dari asesor meliputi 8 Standar Nasional Pendidikan (8 SNP) yang meliputi standar isi, standar proses, standar kompetensi lulusan, standar pendidik dan tenaga kependidikan, standar sarana dan prasarana, standar pengelolaan, standar pembiayaan dan standar penilaian.

Setelah dilakukan kunjungan, civitas SMKN 1 Bintan, yakin akan mendapatkan hasil yang cukup baik. Karena semua yang dinilai bisa dipenuhi. Ternyata harapan tersebut benar adanya. Berdasarkan pengumuman di media cetak, Selasa 17 November 2009, SMKN 1 Bintan peringkat akreditasi A untuk jurusan TEI dan B untuk TKJ.

‘’Saya baru mendapat SMS dari Bapak Joko, tentang peringkat Akreditasi yang sudah dikeluarkan hasilnya, nilai A dan B tentu patut disyukuri dan akan semakin menambah semangat seluruh guru, karyawan dan siswa untuk terus meningkatkan kwalitas ke depan,’’ Rikson Situmeang, S.Pd salah seorang guru SMKN Bintan menanggapi begitu menerima SMS tersebut.

Dikatakan Joko Prasetiyo, pengumuman tersebut berdasarkan rapat pleno BAP-S/M Selasa 10 November 2009. ‘’Kalau kita lihat pengumuman di media cetak, sekolah kita (SMKN 1 Bintan, red) satu-satunya yang mendapatkan peringkat akreditasi A di wilayah Kabupaten Bintan,’’ungkapnya.

Kendati demikian, ke depan masih ada perjuangan seluruh civitas SMKN 1 Bintan, karena masih ada 2 jurusan yakni Teknik Mekanik Otomotif (TMO) dan Teknik Konstruksi Bangunan Sederhana (TKB) yang masih perlu diakreditasi.

Dengan adanya akreditasi, suatu sekolah sudah dianggap layak untuk melakukan kegiatan belajar mengajar berdasarkan 8 standar nasional pendidikan. Apalagi peringkatnya sangat baik peringkat A dan B.

Dengan hasil akreditasi tersebut, kata Joko ke depannya bisa mengajukan ke sekolah standar nasional (SSN) dan selanjutnya ke Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI). ‘’Sekarang sekolah kita rintisan sekolah standar nasional,’’bebernya. (RS/JP)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar