Kamis, 19 Agustus 2010

Pesantren Ramadan, diakhiri dengan lomba tilawah

Teknosainsnews; Setelah tiga hari dilaksanakan pesantren Ramadan dan berakhir hari Senin (16/8) kemarin, sedangkan hari terakhir dilaksanakan lomba tilawah Qur’an, Sholat berjemaah ada Adzan.
Sama seperti tahun sebelumnya pesantren ramadan dilaksanakan di SMKN 1 Bintan pada saat dimulainya buka puasa. Selama tiga hari yakni hari Jumat (13/8), Sabtu (14/8) dan Senin (16/8) Pesantren Ramadan dilaksanakan.
Tentu sebelumnya dilaksanakan pembukaan oleh Kepala Sekolah SMKN 1 Bintan Drs Wiharjo M.Pd. Sementara materi pun disiapkan sedemikian rupa, diantaranya pembacaan ayat suci Alqur’an, tadarus/tafsir Alqur’an, bacaan sholat/hapalan, tulis Arab/kaligrafi dan beberapa materi lainnya.
Kutni S.Pd salah seorang Pembina rohani Islam yang juga menjabat sebagai salah seorang pelaksana pesantren kilat menyampaikan hari terakhir dilaksanakan dengan beberapa lomba. ‘’ Yang diperlombakan tilawah Qur’an, Sholat berjemaah ada Adzan,’’kata Kutni kepada wartawan teknosainsnews Senin (16/8) kemarin.
Sementara itu, bagi siswa SMKN 1 Bintan yang beragama Buddha dan Kristen juga melaksanakan berbagai kegiatan sesuai dengan agamanya masing-masing.
Kardono guru agama Buddha menyampaikan cukup banyak materi yang disampaikan selama tiga hari ini yang diikuti sebanyak 24 siswa SMKN 1 Bintan yang beragama Buddha. Kemudian ditambah siswa dari SMPN 11 Bintan sebanyak 15 siswa. ‘’Materi yang kita sampaikan tentang kehadiran Buddha Maitreya, kiamat, diskusi, meditasi dan dampak Narkoba,’’terang Kardono.
Kemudian bagi siswa yang beragama Kristen yang berjumlah sebanyak 18 orang juga mengadakan kegiatan yang berkenaan dengan agama Kristen. Pembicara didatangkan dari Badan Kerjasama Antar Gereja (BKAG) Bintan. ‘’Cukup banyak matari yang disampaikan oleh tiga orang pendeta,’’kata Tahan Aritonang S,Pd salah seorang guru SMKN Bintan.
Rikson Situmeang S.Pd menyampaikan kegiatan rohani Kristen diharapkan bermanfaat bagi siswa yang mengikutinya.(RS/JP)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar